Tanah Longsor Terjang Tiga Rumah Warga Di Dusun Keceme Gerbosari

Egatama News — Longsor kembali terjadi di dusun keceme gerbosari samigaluh kabupaten kulon progo, Sabtu(8/12/2018). Tanah longsor yang terjadi setelah di guyur hujan sejak jumat 7/12/2018 hingga sabtu tersebut menghantam 3 rumah warga dan mengalami kerusakan yang cukup parah.  Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa hanya material longsor langsung hantam rtumah.
Warga masyarakat dan relawan pun langsung melakukan penanganan, sementara rumah rusak akibat tanah longsor ini milik Karno, Palal dan Sunaryo.
Rumah karno mengalami kerusakan terparah, ruang bagian dapur ambrol tertimpa longsoran tebing stinggi 15 meter. Karno mengatakan saat tanah longsor seluruh keluarga berada di ruang depan dan yang kena longsor adalah dapur rumahnya. Merasa kaget karena ada gemuruh dan ternyata tanah longsor. Kejaduan tersebut di perkirakan kerugian mencapai 15 juta rupiah . Setiap tahun di musim penghujan menurut karno memang sering terjadi longsor namun baru kali ini longsor cukup besar sehingga mengakibatkan dinding dapur jebol.
"Setiap musim penghujan longsor pasti terjadi, sementara mau pindah tidak ada tempat lagi, jadi ya tetep di sini. ," katanya.
Begitu juga rumah palal dinding rumah belakang jebol terkena longsoran setinggi  meter.
Sementara itu BPBD Kulon progo mengatakan ada 200 pedusunan di 21 desa yang sangat rawan longsor antara lain Kokap Samigaluh Kalibawang dan Pengasih

Hepy Eko Nugroho (Kasi Pencegahan BPBD Kulonprogo, mengungkapkan jika pihaknya beberapa waktu lalu telah melakukan rapat koordinasi lintas intansi dalam mengantisipasi datangnya musim hujan.

Hari Minggu, 09 Desember 2018
Editor
Rating
★★★★★

Redaksi Egatama

Komentar Anda